Ujian Dinas Jangan Dianggap main-main!

22. 04. 21
posted by: Fransisco A. Soge
Hits: 389

ujian dinas 1

Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai, rangkaian kegiatan ujian dinas dan ujian penyesuaian ijazah dilaksanakan selama 2 hari dimulai Rabu, 20-04-2022, para peserta mendapatkan pengarahan dan penyampaian kisi-kisi materi Ujian Dinas. Drs. Maksimilianus Tarsi selaku Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM daerah Kabupaten Manggarai membuka kegiatan tersebut dengan menyampaikan informasi jumlah peserta yang mengikuti tes sebanyak 100 orang terdiri dari UD TK.II sebanyak 17 orang, UD TK.I sebanyak 65 dan Ujian Penyesuaian Ijazah S-1 sebanyak 16 Orang, Ujian Penyesuaian Ijazah S-2 sebanyak 1 Orang dan Ujian Penyesuaian Ijazah SMP sebanyak 1 Orang. Selain itu beliau juga mengingatkan peserta ujian akan pentingnya agenda ini bagi PNS. “ Ujian Dinas ini Jangan Dianggap main-main!! karena ujian dinas ini sebagai salah satu persyaratan Kenaikan Pangkat maupun penyesuaian ijzah” tuturnya.

ujian dinas 2

Selanjutnya, para peserta mendengarkan dengan seksama materi kisi-kisi soal yang di sampaikan oleh Cynthia Deasy Pattiasina, S.STP selaku panitia ujian dari BKD Provinsi NTT. Dalam kisi-kisi yang dibacakan, para peserta harus mempersiapkan beberapa materi ujian seperti Pancasila, UUD’45 dan Reformasi Pembangunan. Selain itu terdapat juga materi Kepegawaian dan KORPRI, Perkantoran, Kepemimpinan, Bahasa Indonesia, Sejarah dan Politik. Dengan memberikan materi tersebut diharapkan peserta mampu mempersiapkan diri dengan lebih fokus untuk dapat mengerjakan soal ujian sebanyak 100 nomor termasuk soal pilihan ganda dan essay.

ujian dinas 3

Para Peserta Ujian Dinas TK II secara khusus diwajibkan menyiapkan karya tulis minimal 20 (dua puluh) halaman dan maksimal 30 (tiga puluh) halaman, dengan komposisi BAB I 25%, BAB II 60%, BAB III 15% sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam kaitannya dengan tema yang ditawarkan, sebagai berikut:

  • Pengaruh Pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Produktivitas PNS;
  • Partisipasi Masyarakat Dalam Membayar Pajak;
  • Strategi Pemerintah Daerah dalam Peningkatan Kualitas Sumber daya Manusia;
  • Implementasi Pengalihan Urusan Pemerintahan berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014;
  • Efektifitas Penerapan Sistem E-Government dalam Pemerintahan.

ujian dinas 4

Kegiatan pada hari kedua Kamis, 21-04-2022 yaitu pelaksanaan ujian tertulis dibagi dua sesi bertempat di ruangan CAT BKPSDMD Kabupaten Manggarai. Kegiatan ujian tertulis pada sesi pertama berjalan lancar dan seluruh peserta hadir tepat waktu.

ujian dinas 5

ujian dinas 6

ujian dinas 7